ICMI Usulkan Sumbar Miliki Perda Etika

Ketua Bidang Humas LDII Sumbar bersama Ketua ICMI Jimly Asshiddiqi, Anggota DPD EMma Yohana dan Wakil Ketua DPRD Sumbar Guspardi Gaus

Ketua Bidang Humas LDII Sumbar H M Abdillah Almasykuri bersama Ketua ICMI Jimly Asshiddiqi, Anggota DPD EMma Yohana dan Wakil Ketua DPRD Sumbar Guspardi Gaus 

Padang, 25/12 (sumbar.ldii.or.id) – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengusulkan agar DPRD Provinsi Sumatera Barat merancang terbentuknya peraturan daerah (perda) tentang etika di daerah tersebut.

Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie menilai meskipun Kota Solok telah memiliki perda etika ini namun dirinya masih melihat ada beberapa kekurangan sehingga provinsi perlu membuat aturan untuk menguatkan perda tersebut.

Jimly mengatakan moral dan akhlak  manusia harus konkret menjadi sistem etika sehingga sistem itu dapat mengambil budaya lokal masyarakat dan lebih banyak memberikan manfaat untuk mencegah penyimpangan hukum.

WhatsApp Image 2017-12-24 at 17.52.33

“Beban hukum akan berkurang dengan efektifnya etika, karena itu pada sistem pemerintahan ini sangat diperlukan terlebih untuk mengatur masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan sehingga perda ini dapat berguna dalam mempersempit ruang lingkup penyalahgunaan kekuasaan yang dapat berkembang menjadi tindakan korupsi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sumbar Guspardi Gaus menyatakan akan membawa rencana pembentukan perda etika ini ke paripurna.

“Kami akan coba membawa rencana pembentukan perda ini ke paripurna dan akan dibahas secara bersama-sama,” katanya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah ormas islam yakni Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, LDII, Tarbiyah Islamiyah, Badko HMI, KNPI Sumbar, dan lainnya.

WhatsApp Image 2017-12-24 at 16.14.44

Ketua Bidang Humas LDII Sumbar H M Abdillah Almasykuri menyatakan dirinya mendukung lahirnya perda tersebut sebagai bentuk penguatan karakter dalam kehidupan bermasyarakat.

“Perda etika ini nantinya akan menjadi salah satu acuan dalam menjalani kehidupan bernegara di Sumbar, ” kata di

         

Similar posts

No Comments Yet

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>