BUKA BERSAMA TAK SEKEDAR MAKAN MALAM BERSAMA

suasana-buka-puasa-bersama-subhan-aksa-dengan-anakanak-yatim-dari-pondok-pesantren-madinatul-ilmi-20110818224707-1218

Senja di bulan Romadhan selalu mempunyai arti khusus dan istimewa. Bukan hanya karena keindahan senja dengan langit yang jingga, tetapi karena di waktu senja, di kala matahari telah tenggelam maka tibalah waktunya bagi hamba-hamba Allah untuk berbuka puasa. Wajah bahagia terpancar dari paras mereka yang berpuasa. Memang mereka patut berbahagia. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Orang yang berpuasa mempunyai dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu dengan Rabb-nya.” (HR Bukhori)

Momen berbuka puasa menjadi lebih dinantikan jika berbuka bersama orang-orang yang dicintai. Hal ini lebih kerap dikenal dengan bubar (buka bareng) atau bukber (buka bersama). Tidak hanya dengan keluarga, bubar atau bukber ini juga dijadikan ajang reunian. Jika di sebelas bulan lainnya semua sibuk dengan aktifitas masing-masing diluar maupun dalam kota, di bulan Romadhan khususnya hari-hari menjelang lebaran biasanya semua akan pulang kampung. Jadi tidak sedikit yang melaksanakan reunian yang dibungkus dengan acara buka bersama. Baik dengan keluarga, teman semasa sekolah atau komunitas tertentu.

Buka bersama tidak hanya sekedar makan dan berkumpul bersama. “Buka bersama itu ngumpul di bulan Romadhon. Bedanya adalah, kita tetap memprioritaskan ibadah. Jangan sampai karena ngumpul malah melalaikan sholat. Momennya juga pas untuk ketemu teman-teman dekat yang biasanya ada diperantauan dan cuma pulang ketika puasa atau lebaran. Tapi sudah jadi berlebihan jika dilakukan keseringan dan dijadikan ajang untuk membicarakan keburukan orang lain” tutur Nisa, Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional Universitas Andalas.

“Asal untuk menjaga silahturrohim dan meningkatkan kerukunan serta kekompakan, berbuka bersama it’s okey. Namun terkadang malah jadi ajang adu gengsi dan pamer, nah itu sudah termasuk riya’, naudhubillahi min dzalik. Buka bersama anak yatim itu lebih pol pahalanya” Ungkap Ruki Wijaya S.E, Wanhat PC LDII Padang Timur.

Hal serupa juga disampaikan oleh dr. Bayu Perdana Putra” Makan bersama itu dalam hadist lebih banyak barokahnya daripada makan sendiri. Begitupun buka bersama, manfaatnya lebih banyak salah satunya adalah sambung famili, mempererat kerukunan dan kekompakan. Hal yang mesti diwapadai adalah ketika manusia kumpul, ada peluang untuk ghibah dan fitnah”.

Memang tidak ada hadist yang melarang buka bersama. Tapi jika diniatkan untuk pamer bahkan tak sengaja keasyikan ngobrol malah jadi ghibah dan fitnah, tentu sangat rugi orang yang berbuka bersama apalagi kalau sampai melalaikan sholat mahrib, isya dan taraweh . Buka bersama tak sekedar makan malam bersama. Jika diniatkan untuk silahturrohim, sambung famili, meningkatkan kerukunan serta kekompakan tentu akan mendapatkan pahala yang berlipat. Lebih pol lagi jika berbuka bersama anak yatim atau memberikan makanan berbuka gratis kepada orang lain, sesuai dengan dalilnya, yaitu sebagai berikut:

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR.Tirmidzi)

Selain itu, sebaiknya buka bersama diluar rumah jangan terlalu sering. Mengikuti buka bersama reunian SD, SMP, SMA, kuliah, dan komunitas lainnya, malah menghabiskan banyak uang dan jarang buka bersama keluarga di rumah. Jadi, tetaplah jaga makna dari buka bersama sehingga menjadi tak sekedar makan malam bersama.

         

Similar posts
  • LDII AGAM BERBAGI TAKJIL UNTUK SESAMALubuk Basung (26/6)-LDII. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lem...
  • BLUSUKAN KE KOTA PADANG, PENGURUS DPP...(Padang, 26/6) PPG atau Penggerak Pembina Generus adalah ...
  • STOP TIDUR !! SETELAH SAHURPada bulan Ramadhan kita harus bersyukur kepada Allah kar...
  • LDII KAB. AGAM : KEIMANAN & KETA...Lubuk Basung (22/06/15). Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lemb...
  • 206 PELAJAR LDII KOTA PADANG SEKOLAH ...Pesantren Ramadhan merupakan kegiatan tahunan yang dilaks...

No Comments Yet

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>