“KONSOLIDASI TIM ICT LDII SUMATERA BARAT : JADIKAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT DAKWAH”

Jpeg

Padang (13/6). Untuk merealisasikan dan evaluasi dari Diklat Kepemimpinan, Pelatihan Jurnalistik dan ICT yang diadakan oleh DPW LDII Provinsi Sumatera Barat pada bulan Maret lalu, Tim ICT DPW LDII Sumatera Barat (Sumbar) menggelar konsolidasi. Acara yang digelar di Café Khatib (CK) itu dihadiri oleh Pimpinan Perusahaan, Dewan Penasehat dan semua anggota tim ICT.

Acara yang diikuti 15 peserta, menghadirkan pimpinan perusahaan, Anton Iqmal, S.Kom. menurut Anton, dalam menyikapi pesatnya arus informasi dan komunikasi, pemuda-pemudi LDII dapat turut serta memanfaatkan media sosial yang ada sebagai alat perjuangan dalam menyebarkan dakwah Islam khususnya sebagai kader muda LDII.

Jpeg

TIM ICT LDII SUMBAR

“Dengan pemanfaatan media sosial sebagai alat penyebarlusan berita, menurut Anton diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi yang jelas tentang hukum-hukum Islam, Ayat yang menghukumi (Al Qur’an), Sunnah yang tegak (Al Hadist/Sunnah Nabi) dan Ilmu bagi waris yang adil” Ungkap Anton.

Dalam kesempatan yang sama, dewan penasehat tim ICT DPW LDII Sumbar, H. Muchfiandi, mengatakan bahwa media sosial yang marak digunakan sekarang bisa menjadi alat untuk berdakwah, walapupun kelihatannya kiprah, tapi disisi Allah ini semua bernilai ibadah. Namun begitu, ini bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Perlu kemauan dan usaha yang keras dari semua anggota yang dimulai dari kerukunan dan kekompakan yang salah satunya dibina dengan adanya konsolidasi yang kita lakukan saat ini.

Sementara itu pembicara yang lain Pembina tim ICT DPW LDII Sumbar, H.M Abdillah mengatakan bahwa informasi dari setiap kegiatan di tiap LDII kabupaten/kota se-Sumatera Barat semuanya bemuara ke tingkat provinsi. Dalam hal ini, perlu adanya koordinasi yang solid dari semua anggota mulai dari peliputan berita, editing, sampai berita dipublikasikan agar tidak ada satupun event yang tidak terliput sehingga pembaca dapat mengetahuinya tanpa kehilangan tiap moment dan konten dari tiap peristiwa yang ingin disampaikan.

Jpeg

TIM ICT LDII SUMBAR

Abdi berharap agar semua anggota tim ICT dapat bekerja sama dengan baik dan mampu menggunakan media sosial yang dimiliki sebagai alat untuk berdakwah. Hal utama yang dibahas pada kosnsolidasi kali ini adalah, tentang penjelasan Job Description tiap-tiap anggota, mulai dari editor, reporter, fotographer, artistik/webmaster. Pemred ICT Sumbar, Agung Novrianto menyampaikan setiap angota harus mengetahui masing-masing Job Description nya. Agung menjelaskan DPW LDII Sumbar memiliki 16 website dan ke 16 website ini yang dibagikan disetiap Kota/Kabupaten yang tersebar diseluruh Provinsi Sumatera Barat. “Untuk menghandle 16 website tersebut bukanlah perkara mudah, harus ada pengawasan dan pengontrolan serta maintanance. Untuk itu tim reporter berkewajiban menghandle masing-masing 3 website” Ungkap Agung.

Jpeg

TIM ICT LDII SUMBAR

Agung menambahkan pembagian kerja ini dilakukan, agar pengawasan ke 16 website lebih terarah dan berita yang dimuat disetiap Kota/Kabupaten akan lebih cepat di Follow Up oleh website induk DPW LDII Sumatera Barat yaitu sumbar.ldii.or.id. Wakil Sekretaris DPW LDII Sumatera Barat, Mario Sofia Nasution menyampaikan agar semua anggota harus mengetahui kode etik wartawan/pers. Seorang wartawan harus mengetahui batasan-basatasan apa saja dalam proses peliputan, ada juga etika dalam mewawancarai dan bayak batasan-batasan lain yang perlu diperhatikan dan diketaui oleh wartawan jika ingin meliput suatu berita. (ibl)

         

Similar posts
  • LDII AGAM BERBAGI TAKJIL UNTUK SESAMALubuk Basung (26/6)-LDII. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lem...
  • BLUSUKAN KE KOTA PADANG, PENGURUS DPP...(Padang, 26/6) PPG atau Penggerak Pembina Generus adalah ...
  • STOP TIDUR !! SETELAH SAHURPada bulan Ramadhan kita harus bersyukur kepada Allah kar...
  • BUKA BERSAMA TAK SEKEDAR MAKAN MALAM ...Senja di bulan Romadhan selalu mempunyai arti khusus dan ...
  • LDII KAB. AGAM : KEIMANAN & KETA...Lubuk Basung (22/06/15). Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lemb...

2 Comments

  1. Salman Al-Farisi's Gravatar Salman Al-Farisi
    Juni 13, 2015    

    semoga semakin banyak masyarakat yang membaca ternyata LDII tidak seperti yang diberitakan, lanjutkan. Fastabiqul Khoirot

  2. Dandi Djoefri's Gravatar Dandi Djoefri
    Juni 14, 2015    

    Genjot trus….

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>