MELALUI PESANTREN RAMADHAN TINGKATKAN IMAN DAN AKHLAK ANAK

DPD LDII KOTA PADANG - PESANTREN RAMADHAN 1436 H

Padang (21/6) sesuai dengan Instruksi Walikota Padang Nomor 451.214 tentang Pelaksanaan Pesantren Ramadhan 1436 H/2015 M bagi Murid/siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA Di kota Padang bahwa untuk mengisi hari-hari di bulan Ramadhan, kepada pelajar SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA negeri dan swasta diwajibkan mengikuti Pesantren Ramadhan di Masjid/mushalla dimana murid/siswa berdomisili.

Instruki ini sejalan dengan Program tahunan DPD LDII Kota Padang, yang pelaksaannya dijalankan oleh PPG (Penggerak Pembina Generus). Kegiatan ini dimulai pada tanggal 21 Juni 2015 dan diakhiri dengan Ujian Akhir pesantren Ramdhan yang dilaksanakan pada tangal 4 Juli 2015. Waktu kegitan ini dimulai pada pukul 04.30 WIB sampai dengan pukul 23.00. Kegiatan ini diawali dengan Shalat Subuh Berjamaah dan ditutup dengan Shalat Tarawih Berjamaah dan Tadarusan Al-Qur’an serta Nasehat Agama.

Jpeg

DPD LDII KOTA PADANG – PESANTREN RAMADHAN 1436 H

Dalam menyikapi instruksi Walikota Padang dan Program DPD LDII Kota Padang, Renol, S.Pi yang merupakan Ketua PPG LDII Kota Padang mengatakan bahwa pelaksanaan pesantren Ramadhan tahun ini mempunyai tujuan yg lebih spesifik dari tahun-tahun yang lalu. Pada pelaksanaan dua tahun terakhir, kegiatan pesantren Ramadhan lebih menekankan pada pengamalan tehadap nilai-nilai moral spiritual. Namun untuk tahun ini PPG LDII Kota Padang menargetkan terbentuknya Generasi yang Alim, Generasi yang Faqih, Generasi yang Mandiri dan Berakhlakul Karimah.

“Namun target utama kita adalah membentuk peradaban islam. Peradaban yang dulu pernah dicapai oleh sahabat-sahabat Rosululloh SAW. Maka semua komponen masyarakat baik pengurus masjid, Ulama, Tokoh Masyarakat, Guru, Pemerhati Pendidikan, Jajaran RT/RW, Lurah terutama Orang Tua harus bersinergi dalam mengsukseskan kegiatan ini”. Ujar Renol

Dalam merealisasikan Instruksi Walikota dan Program DPD LDII Kota Padang tersebut PC LDII Koto Tangah dan PC LDII Padang Utara menyelenggarakan pesantren Ramadhan yang diselenggarakan di Masjid Miftahul Huda, Jl. Bhakti Abri RT II RW 5, Kelurahan Koto Panjang Ikua Koto dan Masjid Baitur Rosyid, Jl. Bronco No. 70 Tunggl Hitam. Pesantren ini dihadiri oleh 148 peserta yang terdiri dari murid/siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.

Pesantren Ramadhan yang diselengarakan di Masjid Miftahul Huda, dibuka oleh Wanhat DPD LDII Kota Padang, H. Mukmin. Mukmin menyampaikan kegiatan pesantren ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti, karena pada bulan puasa kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak libur, namun dipindahkan ke masjid-masjid. Hal ini sejalan dengan progam PemkoInstruksi Walikota Padang Nomor 451.214.

Jpeg

DPD LDII KOTA PADANG – PESANTREN RAMADHAN 1436 H

Semua peserta wajib mengikuti segala bentuk kegiatan pada Pesantren Ramadhan ini meski pelaksanaan pada tiap-tingat SD, SMP dan SMA berbeda, diharapkan para peserta menjaga ketertiban. ia meminta kepada para peserta agar bersungguh-sungguh dan berkosentrasi dalam mengikuti kegiatan ini. Hal ini dikarenakan agar nantinya pada saat Ujian Akhir Pesantren Ramadhan dapat mengerjakan dan menjawab soal-soal ujian yang diberikan, namun yang terpenting adalah para peserta dapat mengamalkan dan menjalankan apa yang telah mereka dapatkan sewaktu kegiatan Pesantren Ramadhan ini,” Ungkap Mukmin.

Selain itu ia juga menyampaikan kepada Ustadz dan Ustadzah serta Panitia agar bersungguh-sungguh dalam memimbing dan membina para peserta Pesantren Ramadhan. “Semuanya diniati mencari pahala dan rohmat Allah, jangan sampai salah niat,” Ujar Mukmin

Jpeg

DPD LDII KOTA PADANG – PESANTREN RAMADHAN 1436 H

Tidak ketinggalan untuk merealisasikan Instruksi Walikota tersebut PC LDII Kuranji, PC LDII Padang Timur, dan PC LDII Nanggalo turut mengadakan Pesantren Ramadhan. Acara yang di gelar di Masjid Miftahul Jannah, Surau Balai, Anduring itu dihadiri oleh 58 peserta yang terdiri dari murid/siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.

20150621_061842

DPD LDII KOTA PADANG – PESANTREN RAMADHAN 1436 H

Pada pembukaan, Ust. Nur Abdan Malik selaku pembawa acara menyampaikan diharapkan dengan adanya pesantren Ramadhan ini, nantinya setelah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama 15 hari, dari tanggal 21 Juni 2015 (pembukaan) sampai dengan tanggal 4 Juli 2015 ( penutupan) ini peserta dapat mengalami peningkatan dalam membaca Al-Qur’an dan hafalan Do’a serta surat pendek dan yang lebih utama adalah meningkat iman dan akhlaknya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia, Ust. Wandi menyampaikan dalam pelaksanaan pesantren Ramadhan tahun ini diikuti oleh 58 peserta yang terdiri dari murid/siswa SD/MI sebanyak 25 orang, SMP/MTs sebanyak 25 orang dan SMA/SMK/MA sebanyak 8 orang. Dalam proses belajar mengajar nantinya akan dibimbing oleh 24 orang yang terdiri dari panitia, pemateri serta instruktur yang terdiri dari guru MDA/TPQ, guru agama, para muballigh/Da’I, tokoh agama di kelurahan di tempat Masjid/Musalla berada.

20150621_060020_4_bestshot

DPD LDII KOTA PADANG – PESANTREN RAMADHAN 1436 H

Sementara itu,  pembicara yang lain yaitu Pembina sekaligus Wanhat DPD LDII Kota Padang serta Ketua Masjid Miftahul Jannah, Ust. H. Nur Hidayatulloh menyampaikan selain merupakan syarat bagi murid/siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se-Kota Padang yang akan memasuki jenjang pendidikan SMP/MTs serta SMA/SMK/MA, diharapkan dengan mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan ini, peserta diharapkan dapat mencapai Tri Sukses yaitu (1) Menjadi anak yang Alim dan Faqih, (2) Memiliki Budi Pekerti yang Baik atau Berakhlakul Karimah serta (3) Mandiri

Nur menambahkan “Kita mengharapkan adanya peningkatan keimanan dan kepahaman agama serta adanya perubahan akhlak yang lebih baik bagi peserta didik setelah mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan ini”. Tujuan ini tidak dapat tercapai tanpa adanya dukungan dan dorongan dari kedua Orang Tua dari peserta didik. Acara diakhiri dengan pemasangan kokarde peserta secara simbolis yang menandakan peserta resmi mengikuti Pesantren Ramadhan 1436 H/2015 M. (ibl-agl)

20150621_065802

DPD LDII KOTA PADANG – PESANTREN RAMADHAN 1436 H

         

Similar posts
  • LDII AGAM BERBAGI TAKJIL UNTUK SESAMALubuk Basung (26/6)-LDII. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lem...
  • BLUSUKAN KE KOTA PADANG, PENGURUS DPP...(Padang, 26/6) PPG atau Penggerak Pembina Generus adalah ...
  • STOP TIDUR !! SETELAH SAHURPada bulan Ramadhan kita harus bersyukur kepada Allah kar...
  • BUKA BERSAMA TAK SEKEDAR MAKAN MALAM ...Senja di bulan Romadhan selalu mempunyai arti khusus dan ...
  • LDII KAB. AGAM : KEIMANAN & KETA...Lubuk Basung (22/06/15). Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lemb...

No Comments Yet

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>