PULUHAN WARGA LDII AMBIL BAGIAN BERSIHKAN SUNGAI BATANG ARAU

Warga LDII Kota Padang ambil bagian dalam Gerakan Bersih Sungai Batang Arau Kota Padang. (humas)

Warga LDII Kota Padang ambil bagian dalam Gerakan Bersih Sungai Batang Arau Kota Padang. (humas)

Padang,(29/7) Puluhan warga DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Padang ambil bagian dalam kegiatan “Gerakan Sungai Bersih” di aliran Sungai Batang Arau Kota Padang Minggu pagi.

Ketua DPD LDII Kota Padang Gustav mengatakan keikutsertaan LDII dalam gerakan bersih ini merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan dari sampah.

Menurut dia menjaga kebersihan lingkungan merupakan sebuah kewajiban dan juga memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat. Salah satu dampaknya adalah dengan lingkungan yang bersih akan menjauhkan diri dari sumber penyakit.

“Batang Arau ini merupakan salah satu destinasi wisata kota dan apabila ada sampah tentu merusak pemandangan, menimbulkan aroma yang tidak sedap dan dapat memicu banjir,” kata dia.

Warga LDII membersihkan aliran sungai dari sampah

Warga LDII membersihkan aliran sungai dari sampah

Dalam Alquran surat Al-A’raf ayat 5 Allah SWT berfirman “Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi sesudah (Allah) memperbaikinya”.

Gustav mengatakan pihaknya mengimbau agar masyarakat dapat bersinergi dengan pemerintah dalam menjaga lingkungan terutama aliran Batang Arau ini. Dirinya berharap kegiatan ini tidak berhenti di sini saja akan terus dilakukan secara berkesinambungan sehingga menjadi budaya baru bagi masyarakat.

“Apabila budaya bersih ini telah tertanam oleh masyarakat di lingkungan ini tentu akan berdampak pada keindahan sungai ini dan memberikan nilai positif pada Kota Padang sebagai salah satu daerah wisata yang indah dan bersih,” kata dia.

Kemudian untuk membudayakan masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya, LDII Kota Padang telah menempatkan spanduk yang berisi imbauan dan ajakan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan membuat Kota Padang bersih dari sampah.

Ketua DPD LDII PAdang Gustav bersama Sekretaris DPW LDII M Ari Sultoni dan Komisaris Utama BRI Andrinof Chaniago dalam Gerakan Bersih Sungai Batang Arau di Padang, Minggu (29/7)

Ketua DPD LDII PAdang Gustav bersama Sekretaris DPW LDII M Ari Sultoni dan Komisaris Utama BRI Andrinof Chaniago dalam Gerakan Bersih Sungai Batang Arau di Padang, Minggu (29/7)

Sebelumnya kegiatan Gerakan Bersih Sungai ini diinisiasi oleh Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Andrinof Chaniago bersama pegiat kebersihan Syafriwati, Pakar Pariwisata Sari Lenggogeni, Emeraldi Chatra, Pelaku Wisata Zuhrizul Chaniago bersama enam Badan Usaha Milik Negara yaitu Pertamina, Pegadaian, Bank BRI, Bank Mandiri, Angkasa Pura II, Telkom Indonesia dan Pelindo II.

Selain itu kegiatan ini didukung penuh oleh Pemprov Sumbar, Pemkot Kota Padang, Polresta Padang, Kodim 0312/Padang, Lantamal II dan lainnya.

Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Andrinof Chaniago di Padang, Sabtu mengatakan sungai merupakan aset bersama yang dapat memberi manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat jika air sungai dan lingkungan sungai bersih dari sampah.

“Kegiatan ekonomi di sektor pariwisata akan tumbuh jika kondisi sungai ini bersih, Dan kami ingin memulai melakukan pembersihan untuk mendorong kawasan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang bersih dari sampah,” katanya.

         

Similar posts

No Comments Yet

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>